Rabu, 24 Mei 2017

candi abang yang menawan

Keindahan alam pariwisata jogja yang tidak pernah berakhir ketika dijelajahi, salah satunya adalah Wisata Candi. Ada banyak candi yang tersebar di Jawa Tengah, termasuk di jogja yang memiliki Candi prambanan dan namanya sudah di seluruh dunia. Tapi hari ini kita ingin memperkenalkan satu candi yang unik yang benar-benar berbeda dari Bait-cand lain di jogja yang adalah Candi Abang. Candi ini terletak di Dusun Sentonorejo, desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman Yogyakarta. Untuk menuju Candi ini unik dapat melewati dari jalan Jogja-Solo, yang mengarah ke Prambanan. Setelah tiba di Prambanan Terminal, mencari Jalan Raya Yogyakarta-Piyungan Km 8. Ada papan arah kanan (Barat) ditandai Candi Abang dan Gua Sentana. Candi ini terletak di puncak bukit di tepi jalan desa, sekitar 1,5 kilometer di barat dari Jalan Raya Yogyakarta-Piyungan. Disarankan jika Anda ingin pergi ke Candi ini harus menggunakan kendaraan roda dua karena jalan sedikit lebih baik dan akses ke Candi ini masih dikelilingi oleh hutan.

Keunikan Candi Abang adalah candi ini dibangun dengan batu bata merah. Mengapa candi ini menjadi salah satu tujuan wisata menarik yang harus dikunjungi saat berlibur di jogja? Candi ini sangat menarik karena itu agak tidak biasa, jika ada sebuah kuil bata merah di bagian tengah dari Jawa, terutama di jogja. Sayangnya kita tidak bisa mengatakan lebih banyak tentang relief yang ada di Candi Abang karena BaitNya terkubur di dalam tanah berbentuk seperti Hill Teletubbies. Itu sebabnya, Candi ini menarik karena itu agak tidak biasa jika ada bata candi di Jawa, terutama di jogja. Beberapa orang berpikir bahwa candi ini adalah harta karun kuno harta, oleh karena itu banyak orang tidak bertanggung jawab untuk mencari barang-barang berharga tidak. Tapi setelah diresmikan candi ini telah dilindungi oleh pemerintah

Selain dikenal dengan nama abang berang candi, Candi ini juga populer dengan nama lain yang adalah bukit Teletubies. Karena bentuk yang membentuk seperti bukit yang di film teletubies, sehingga sebagian orang menyebutnya bukit teletubies. Candi ini akan terlihat hijau ketika hujan musim, sedangkan jika musim kemarau bukit ini akan berwarna seperti gundukan coklat, karna kondisi bukit-bukit yang sangat kering.
Selain menikmati keindahan bukit di candi ini, wisatawan juga bisa berburu sunset untuk mendapatkan foto yang bagus. Untuk akses menuju Bukit ini wisatawan harus berjalan dulu karena bidang ke bukit banyak batu dan sedikit curam. Tips lain untuk yang ingin datang ke Kuil Abang ini, tidak datang di siang hari karena ia akan merasa sangat menyengat panas dan membawa makanan dan minum cukup, karena di lokasi tidak ada kios-kios makanan dan minuman. Tapi untuk wisatawan yang berkunjung ke Candi yang membawa makanan dan minuman diharapkan untuk menjaga kebersihan di sekitar lingkungan Candi untuk wisata jogja ini dapat tetap terjaga keindahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar