Rabu, 24 Mei 2017

wisata sejarah museum gunung merapi

Museum Gunung Merapi adalah salah satu tempat yang berfungsi sebagai sarana belajar tentang gunung berapi paling aktif di dunia. Di museum ini wisatawan dapat belajar tentang Gunung Merapi dari legenda dan mitos, kearifan lokal, Sejarah letusan, dan melihat sisa-sisa letusan tersedak dada.
Sebagai sebuah cincin cincin api, Indonesia memiliki ratusan pegunungan membentang dari Sumatera ke Papua, kedua gunung berapi yang tidak aktif untuk gunung berapi. Salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia dan bahkan dunia adalah Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini membuat daerah termasuk di daerah rawan bencana.
Sebagai tindakan pencegahan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya upaya mitigasi bencana, Museum Gunung Merapi dibangun. Selain berfungsi sebagai alternatif wisata pendidikan untuk siswa dan masyarakat luas, museum ini juga bertujuan sebagai tempat pembangunan bencana gunung berapi, gempa bumi dan bencana alam lainnya.
Terletak di lereng dingin Merapi, Museum Gunung Merapi memiliki bentuk segitiga yang menyerupai gunung bangunan unik. Jika cuaca sedang cerah, wisatawan dapat menyaksikan Gunung Merapi yang megah dari halaman museum.
Membawa moto "Merapi jendela bumi", Museum Gunung Merapi terbagi menjadi dua lantai. Memasuki lantai pertama, wisatawan akan langsung disambut dengan model skala besar gemuruh gunung Merapi dan asap. Di satu sisi ada sebuah tombol tahun yang adalah tahun letusan. Jika salah satu tombol ditekan maka akan ada demonstrasi letusan dalam bentuk simulasi mencair lava pijar serta narasi dengan latar belakang musik Jawa.
Dari ruang utama ini wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke zona dunia gunung berapi. Di zona ini terdapat dokumentasi dan alat peraga tentang fenomena kegunungapian yang ada di seluruh dunia. Dalam pandangan setiap ada papan informasi dalam dua bahasa, sehingga memudahkan bagi wisatawan untuk memahami meskipun tidak didampingi oleh pemandu.
Setelah itu ada zona khusus Gunung Merapi yang berisi tentang seluk beluk Gunung Merapi. Di zona ini wisatawan dapat melihat fenomena pertumbuhan kubah Gunung Merapi, mitos seputar Gunung Merapi, pos pengamatan Gunung Merapi dari era Belanda ke modern era, dan banyak lagi.
Puas ke lantai pertama, wisatawan bisa naik ke lantai 2 untuk menonton alat peraga tsunami dan foto-foto dari letusan. Wisatawan dapat menonton dokumentasi letusan Merapi dari 1930 sampai 2010. Tidak hanya itu, di zona juga menunjukkan bagaimana untuk menyelamatkan diri dari ancaman gunung berapi itu meletus. Oleh karena itu, tampaknya sangat alami dan tidak berlebihan jika MGM berfungsi sebagai wahana pendidikan mitigasi untuk mengurangi jumlah korban. Di lantai kedua terdapat juga sebuah teater mini dengan kapasitas 100 orang yang ditayangkan 20 menit film dokumenter "Di bawah Merapi langit".
Lokasi dan akses
Museum Gunung Merapi terletak sekitar 5 km dari obyek wisata Kaliurang, tepatnya di jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY. Dari Yogyakarta, ikuti Jalan Kaliurang. Tiba pada pergantian Oasis Crisis Center kiri setelah pintu masuk ke obyek wisata Kaliurang dari Barat. Museum Gunung Merapi terletak di sebelah kanan jalan.
Jam buka dan harga tiket
Museum Gunung Merapi ini buka setiap hari Selasa - Minggu pada pukul 09.00-15.30 WIB. Seperti museum rata-rata di Yogyakarta, museum ini tutup pada hari Senin. Harga tiket museum adalah Rp 3.000 per orang. Untuk wisatawan yang ingin menonton film di bioskop mini harus membayar biaya tambahan sebesar Rp 5.000 per orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar