Rabu, 17 Mei 2017

Indahnya Pemecah Ombak di Pantai Glagah

Pantai Glagah adalah pantai paling terkenal di Kulon Progo. Laguna dan pemecah gelombang menjadi daya tarik unik yang tidak ditemukan di pantai lain di Jogja. Berbentuk tetrapod, pemecah gelombang terletak di kanan dan kiri dermaga tampak siap menghadapi ombak yang ganas Samudra Indonesia. Di atas tetrapod-tetrapod adalah juga para pemancing biasanya melempar hook dan menunggu ikan layur, surung sampai pethek merebut umpan. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Glagah adalah ketika bulan baru dan air pasang.

Pada waktu itu, kita dapat melihat atraksi-atraksi di ombak di pantai ini. Gelombang digulung besar, menabrak tetrapod dan sampah ke dermaga. Jika Anda berada di dekatnya, sensasi seperti tiba-tiba hujan, tetapi air asin. Meskipun terlihat menyenangkan, berenang di pantai tidak dianjurkan. Selain gelombang besar, karakteristik ombak pantai selatan Jogja menarik kembali ke arah laut jadi berbahaya untuk berenang. Tapi jangan berkecil hati, ia disebut air bermain dapat tetap digunakan di Laguna Pantai Glagah. Ada banyak wahana bermain di sana, seperti bebek perahu, kano, untuk perimeter Laguna menggunakan perahu nelayan. Suasana senja yang indah di dermaga pantai menjadi favorit hal yang tidak boleh dilewatkan. Untuk para penggemar fotografi, adegan gelombang rusak oleh tetrapod dengan matahari tenggelam karena suasana, terlalu indah jika tidak diabadikan. Lihat alamat dan lokasi peta di Pantai Glagah

Di pantai paling terkenal di Kulon Progo kita bisa Memancing, Bersepeda, panjat cano di Laguna, motor rross ria, untuk hanya duduk kembali menikmati tetrapod yang berjuang untuk mematahkan gelombang sementara menunggu untuk sunset tiba.

Pemecah gelombang dan laguna, dua kata yang segera berkelebat ketika mendengar nama pantai Glagah. Keduanya seperti menampilkan dua sisi yang berbeda dari pantai berpasir hitam ini. Ratusan tetrapoda berjajar di sisi barat tanpa ampun istirahat ombak laut selatan yang terkenal.
Ketika bulan baru dan gelombang roll ke pantai, kita bisa melihat bagaimana gelombang istirahat dan busa meledak ke tanah. Sementara itu, Laguna yang luas, tenang dekat begitu ramah untuk anak-anak kecil yang ingin bermain air. Ada kapal-kapal wisata yang terparkir rapi di tepi Laguna, serta warna-warni bebek perahu menunggu untuk bisa naik.

Untuk olahraga pecinta silakan sepeda di pantai, naik ATV atau menaklukkan berpasir daerah dengan motorcross. Laguna tenang ini juga keren untuk menggunakan untuk mendayung kano dayung. Jika Anda khawatir tentang membiarkan anak-anak bermain air di pantai, ada kolam renang kecil untuk mereka sehingga mereka dapat tetap berenang dengan aman. Selain itu, Pantai Glagah juga adalah surga untuk pemancing. Memancing dengan teknik casting di atas tetrapod akan pengalaman itu sendiri. Beberapa jenis ikan seperti Surung, Caru (bayi GT), Talang, Pethek (Mlawis), Garon, Layur dan lain-lain yang bisa kita dapatkan di sini.

Ketika matahari panas, menikmati semangka atau melon segar dijual di jalan ke pantai langsung dari petani lokal tentu sangat menggoda. Nimatilah buah-buahan ini sambil duduk di limpak-lincak dinaungi oleh pohon-pohon pinus udang sepanjang laguna di bibir. Jika datang lapar, terdapat beberapa kios yang menjual berbagai olahan ikan Beach dapat memadamkan kelaparan langsung.
Setelah seharian bermain di pantai, jangan terburu-buru untuk pergi. Tunggu sampai matahari kembali ke tempat tidurnya. Duduk dan menghadapi Barat di sisi jalan dekat pemutus gelombang, menikmati cahaya emas yang memantul sempurna dari permukaan laut dan slip melalui celah tetrapod. Dengarkan ombak besar, melihat langit semakin jeruk dan merasa Laguna lebih tenang. Mereka akan menutup hari dengan begitu manis dan romantis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar