Selasa, 23 Mei 2017

hijaunya candi sambisari

Selama waktu ini sebagian besar sisa peninggalan sejarah candi terletak di tanah tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Bahkan kadang-kadang Candi memang dibangun di ketinggian atau di lereng bukit seperti kompleks Candi Arjuna di Dieng dan Kuil Gedong Songo di Ungaran.
Tapi kau tahu? Rupanya di Yogyakarta ada sebuah candi yang letaknya cukup unik, yang terletak sekitar 6,5 meter lebih rendah dari tanah. Bait Suci dengan lokasinya yang unik adalah Candi Sambisari.

Dibangun di sekitar abad ke-9 pada masa pemerintahan Raja Rakai Garung, Candi hindu ini adalah dikubur bahan vulkanik Gunung Merapi. Lalu pada tahun 1996 ada seorang petani Dusun Sambisari yang tanpa sengaja menemukan candi yang telah terkubur selama berabad-abad. Setelah proses penggalian, Candi Sambisari kembali untuk menunjukkan elegan dan megah.
Candi Sambisari terdiri dari kompleks candi induk dan 3 Candi pewara atau candi pendamping yang dikelilingi pagar batu 2 layer. Masuk ke Kuil areal yang 4 pintu. Sekilas melihat Candi Sambisari menyerupai sebuah istana batu yang terletak di tengah taman. Rumput yang tumbuh secara teratur di halaman Bait Suci adalah seperti sebuah karpet hijau yang indah.
Sejak Candi Sambisari belum begitu populer dengan wisatawan, itu cukup tenang. Banyak orang yang membuat Candi Sambisari sebagai lokasi pemotretan untuk prewedding dan foto bersama keluarga. Wisatawan juga dapat meletakkan tikar di rumput dan membuka piknik dengan kerabat. Menyenangkan itu tidak?
Selain menikmati dari pengadilan, keindahan Candi Sambisari yang lebih rendah dari tanah sekitarnya juga dapat dilihat dari ketinggian. Puas menikmati pesona Sambisari, wisatawan dapat berhenti oleh museum mini untuk mengetahui serangkaian sejarah candi penggalian.

Candi Sambisari terletak di Dusun Sambisari, Kelurahan Purwomartani desa, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY. Jarak dari Yogyakarta berjarak sekitar 12 km timur, atau sekitar 4 km sebelum kompleks Candi Prambanan. Wisatawan yang ingin menikmati keindahan dan menelusuri sejarah Candi Sambisari hanya membayar retribusi Rp 3.000 per orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar